KONFIGURASI ACCESS POINT TP-LINK TL-WA701ND



Assalammualaiku Wr, Wb.
Berbagi merupakan hal yang tidak akan ada habisnya karena berbagi kita mengerti. Selamat datang di blog trikdanfakta, kali ini mimin akan share tentang cara menkonfigurasi access point TP-LINK TL-701ND, sebelumnnya ada beberapa hal yang perlu disiapkan dan beberapa hal yang lain. Langsung aja kalau begitu, simak baik-baik.

CARA KONFIGURASI ACCESS POINT TP-LINK TL-WA701ND
1.       Hal-hal yang perlu dipersiapkan.
-          Access point TP-Link TL-WA701ND,
-          1 unit Laptop/PC untuk mengkonfigurasinya, dan laptop/PC lain untuk mengetesnya,
-          Kabel UTP dengan konfigurasi straight.

2.       Langkah-langkah konfigurasinya.
1.       Langkah-langkahnya sebenarnya sama seperti konfigurasi access point lainnya. Langkah pertama adalah menyamakan atau agar access point dan laptop alamatnya se-network. Secara default, IP yang tertera pada label access point jenis ini adalah 192.168.1.1, maka anda dapat mengganti IP laptop anda dengan IP 192.168.1.xxx (x tidak boleh angka 1) dan netmask 255.255.255.0. Misal isi saja dengan 2 atau lainnya.
2.       Nyalakan access point, lihat adaptor access point  yang digunakan, apakah voltagenya sesuai atau tidak, sesuaikan voltagenya agar berhasil dengan maksimal.
3.       Sambungkan access point dan laptop dengan kabel UTP Straight.
4.       Buka browser yang anda punya, ketikkan alamat IP access point tersebut (ketikkan 192.168.1.1) dan tekan enter.
5.       Kemudian akan muncul kotak dialog yang isinya disuruh untuk memasukkan User Name dan Password, dan klik ok.  Isikan username “admin ” dan password “admin”
NB : JIKA TIDAK MUNCUL DIALOG DAN LOADINGNYA TERUS BERPUTAR, RESET ACCESS POINTNYA TERLEBIH DAHULU, DAN ULANGI LANGKAH-LANGKAHNYA.
6.       Kemudian akan muncul halaman seperti berikut.







7.       Klik tab "Network" pada jendela sebelah kiri untuk mengatur tipe jaringan (Static IP / DHCP), main IP dari access point (IP local), dan subnet mask. Jika IP access point diubah dari IP default-nya, maka halaman web akan menghilang. Untuk menampilkannya kembali, ubah IP laptop sehingga menjadi se-network dengan IP access point yang baru. Atur pengaturan sesuai yang anda inginkan, setelah semua pengaturan selesai, klik Save.
8.       Kemudian pada tab  “wireless” dan pilih Wireless Setting. Pengaturan yang perlu dilakukan adalah pengaturan SSID (nama jaringan), Region, Channel dan Mode. Yang lainnya adalah pengaturan opsional (tergantung kebutuhan). Setelah semua pengaturan selesai, klik Save.
9.       Lalu pada tab “DHCP” klik “DHCP setting”,  Agar device yang terkoneksi akan mendapatkan IP secara otomatis dari access point,  atur range IP ADDRESS / total user yang dapat masuk, atur “Address Lease Time”/ batasan waktu penggunaan dan atur konfigurasi lainnya. Setelah semua pengaturan selesai, klik Save.
10.   Setelah semua pengaturan selesai klik tab “system tool”, pilih “reboot” dan reboot.
11.   Tunggu proses reboot/restart setelah selesai access point sudah dapat digukan oleh laptop lain, lihat dan test pada laptop lainnya.
12.   Namun, access point tersebut belum dapat digunakan untuk mengakses internet. Agar dapat untuk mengakses internet, beri modem pada laptop yang dijadikan server tersebut dan dengan bandwith yang besar, karena jika bandwithnya kecil loptop yang lainya tidak dapat mengakses internet.
13.   Jika anda mengubah lagi setingan pada access pointnya selalu reboot kembali setelah di save.
14.   Selesaiiiiiii.


Sekian dulu infonya tentang cara mengkonfigurasi access point TP-LINK TL-WA701ND, jika ada kekurangan atau kesalahan, silahkan komentar. Semoga infonya bermanfaat.
Wassalamm,
0 Komentar untuk "KONFIGURASI ACCESS POINT TP-LINK TL-WA701ND"

Back To Top